Sabtu, 05 April 2014

10 Lukisan Termahal di Dunia

Lukisan merupakan karya seni yang luar biasa, tidak sembarang orang bisa melukis begitu saja, perlu kemampuan dan pengalaman ekstra agar lukisan yang dibuat berkualitas bagus.
Para seniman menciptakan suatu lukisan biasanya berdasarkan imajinasi dan curahan hati si pelukis agar hasil karyanya tersebut memiliki nilai seni yang luar biasa. Lukisan dengan nilai seni yang tinggi bisa memiliki harga jual yang sangat mahal, dan berikut 10 lukisan termahal di dunia.
 
10. Dance at the Moulin de la Galette - Pierre-Auguste Renoir

Harga: US$ 78,1 juta / Rp 908 miliar
Lukisan ini dikenal juga dengan sebutan Bal du Moulin de la Galette yang diselesaikan pada tahun 1876 oleh seniman bernama Pierre-Auguste Renoir. Dalam dunia seni, lukisan ini dianggap sebagai salah satu lukisan terbaik. Sampai tahun 1894, lukisan ini merupakan bagian dari koleksi pribadi Gustave Caillebotte, yang juga seorang pelukis asal Perancis. Meskipun pembeli lukisan ini dirahasiakan, namun ada laporan bahwa lukisan ini dibeli oleh seorang kolektor asal Swiss.
 
9. Portrait of Dr. Gachet - Vincent van Gogh

Harga: US$ 82,5 juta / Rp 959 miliar
Vincent van Gogh menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1890 dan dia melukis pada sebuah kanvas berukuran 23,4 x 22,0 inci menggunakan minyak. Lukisan ini menggambarkan seseorang bernama Dr Paul Gachet. Dia dikenal sebagai orang yang merawat van Gogh sebelum ia meninggal. Lukisan ini sebenarnya memiliki dua versi yang berbeda dan sama-sama menggambarkan Dr Gachet pada posisi yang sama. Namun skema warna yang digunakan untuk masing-masing lukisan ini sangat berbeda. Lukisan ini adalah versi pertama.

8. Dora Maar au Chat - Pablo Picasso

Harga: US$ 95,2 juta / Rp 1,1 triliun
Lukisan ini diselesaikan oleh Pablo Picasso pada tahun 1941. Lukisan ini menggambarkan seorang wanita yang memiliki hubungan dengan Pablo, Dora Maar. Kekasih Pablo ini dilukis sedang duduk di kursi dengan seekor kucing kecil bertengger di bahunya. Karya ini menjadi salah satu lukisan paling mahal di dunia.
 
7. Boy with a Pipe - Pablo Picasso

Harga: US$ 104,2 juta / Rp 1,2 triliun
Lukisan ini juga diselesaikan oleh Pablo Picasso pada tahun 1905. Lukisan ini menggambarkan pria Perancis dengan pakaian berwarna biru dengan bunga di atas kepalanya. Di tangan kirinya, pria ini terlihat sedang memegang pipa. Pada bulan Mei 2004, lelang yang dilakukan oleh Sotheby New York membuat gebrakan besar di dunia seni. Lukisan ini merupakan lukisan pertama yang terjual dengan harga di atas US$ 100 juta.
 
6. Nude, Green Leaves and Bust - Pablo Picasso

Harga: US$ 106,5 juta / Rp 1,23 triliun
Dalam bahasa Perancis, lukisan tahun 1932 karya Pablo Picasso ini dikenal dengan sebutan Nu au Plateau de Sculpteur. Marie-Therese Walter, seorang wanita yang mengilhaminya untuk menciptakan lukisan ini. Lukisan ini merupakan bagian dari koleksi pribadi di Tate Britain di London.
 
5. The Scream - Edvard Munch

Harga: US$ 120 juta / Rp 1,4 triliun
Lukisan ini merupakan versi keempat yang diciptakan oleh Edvard Munich. Lukisan tersebut dibuat dengan menggunakan minyak, tempera dan pastel. Edvard menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1895 dan merupakan karyanya yang dibilang sangat mahal. Lukisan ini dijual pada Sotheby’s Impressionist dan Modern Art Auction pada tahun 2012 dan dibeli oleh Leon Black.
 
4. Portrait of Adele Bloch-Bauer - Gustav Klimt

Harga: US$ 135 juta / Rp 1,56 triliun
Gustav Klimt menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1907 dengan kanvas berukuran 54 x 54 inci dan menggunakan minyak, emas dan perak. Akuisisi terbaru dari lukisan ini dibuat oleh Ronald Lauder pada tahun 2006 dan ditampilkan di galeri nya, Neue Galerie di New York City. Lukisan ini dibuat pada saat Klimt sedang berada di Wina. Ferdinand Bloch-Bauer, yang merupakan seorang tokoh industri gula, menugaskan Klimt untuk melukis istrinya, Adel Bloch-Bauer.
 
3. Woman III - Willem De Kooning

Harga: US$ 137,5 juta / Rp 1,6 triliun
Lukisan tahun 1953 ini merupakan karya Willem De Kooning. Sebenarnya lukisan ini merupakan bagian dari serangkaian yang melibatkan enam lukisan berbeda. Lukisan ini bergaya abstrak ekspresionis dari Klooning dan memiliki ukuran 68 x 48,5 inci. Pada tahun 2000, lukisan karya Willem ini dijual oleh David Geffen kepada seorang miliarder, Steven A. Cohen.
 
2. No. 5 - Jackson Pollock

Harga: US$ 140 juta / Rp 1,62 triliun
Jackson Pollock adalah seorang pelukis asal Amerika yang menjadi sangat populer karena kontribusinya di bidang abstrak impresionisme. Lukisan ini ditandai dengan cokelat tebal dan cat kuning. Menurut para ahli seni, lukisan ini adalah representasi abstrak dari sebuah sarang. Pada awalnya lukisan ini ditampilkan di Museum of Modern Art dan dimiliki oleh Samuel Irving Newhouse. Pada akhirnya dia menjual lukisan ini kepada David Geffen.
 
1. The Card Player - Paul Cezanne

Harga: US$ 254 juta / Rp 2,95 triliun
Lukisan paling mahal di dunia ini diciptakan oleh pelukis asal Perancis bernama Paul Cezanne. Alasan yang paling utama kenapa lukisan ini dijual dengan harga yang sangat mahal karena detail halus dan intensitas warna yang bagus. Lukisan ini merupakan lukisan terakhir dari 5 lukisan Cezanne yang sedang menggambarkan seorang pemain kartu. Pada tahun 2011, keluarga kerajaan Qatar membeli lukisan ini dalam sebuah lelang.

Sumber : wowmenariknya.