Minggu, 20 April 2014

10 Masakan India Paling Lezat

India dikenal dengan masakannya yang kaya akan berbagai bumbu dan rempah-rempah.  Masakan dari negara ini terkenal karena rasanya yang pedas dan memiliki kuah dengan rasa yang sangat kuat.  Jangan salah, beberapa kuliner dari India bahkan juga termasuk sebagai salah satu makanan paling lezat yang pernah ada di dunia ini.   Hari akan membahas lebih dalam mengenai 10 masakan India paling lezat.  Selain memiliki cita rasa yang khas, makanan-makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga sangat layak untuk dimasukkan ke dalam daftar menu anda.

1. Butter Chicken (Ayam Mentega)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3c/Chicken_makhani.jpg
Butter Chicken  adalah salah satu masakan India yang paling populer di seluruh dunia. Secara resmi dikenal dengan nama "Murg Makhani", hidangan menggoda ini dapat dibuat sesuai dengan selera, tergantung apakah anda menyukai rasa pedas yang kuat, sedang, atau sama sekali tidak pedas. Selain ayam, makanan ini dimasak dengan kacang lentil hitam dan salad. Bahan-bahan masakan ini antara lain adalah termasuk kunyit, kayu manis, pasta bawang putih, jinten, ketumbar, merica, mentega, dan jika suka anda bisa menambahkan bumbu khas masala yang bisa dibeli dalam bentuk kemasan.  Semua bumbu ini dimasak dengan daging ayam tanpa tulang yang sudah dihaluskan dan direbus hingga lunak.

2. Biryani
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fe/Chicken_Biryani.jpg
Biryani adalah sebuah hidangan paling populer di India Selatan yang kelezatannya sudah diakui di seluruh dunia.  Masakan ini terbuat dari nasi khusus (disebut dengan Basmati) yang memiliki tekstur lebih panjang dan besar daripada nasi yang kita temui.  Nasi tersebut dimasak dengan rempah-rempah seperti lada, merica, dan kunyit, serta diberi kuah khusus Biryani yang kaya rasa.  Selain itu, biasanya Biryani juga dimasak bersama dengan daging ayam, kambing, atau menu vegetarian.  Cita rasa daging yang empuk berpadu dengan kehangatan nasi yang dimasak dengan rempah-rempah yang wangi, menimbulkan sensasi yang sangat luar biasa. 

3. Palak Paneer
http://www.manjulaskitchen.com/blog/wp-content/uploads/palak_paneer1.jpg
Sebuah hidangan favorit dari India utara, Palak Paneer adalah sebuah alternatif bagi yang tidak terlalu suka sayuran India yang berasa pedas. Bahan utama masakan ini terdiri dari keju dan bayam, dicampur dengan segudang rempah-rempah dan dimasak sampai lunak dan kemudian dihaluskan menjadi bubur yang memiliki tekstur yang lembut.  Menu ini selain sehat juga memiliki kelezatan yang tersendiri.  Jika suka, anda bisa mengonsumsinya dengan semacam yoghurt agar menghasilkan manfaat yang lebih maksimal untuk memperlancar penceranaan.  Palak Paneer adalah menu makanan vegetarian paling populer di India. 

4. Idli dan Sambar 
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/11/Idli_Sambar.JPG
Kue beraroma khas India Selatan ini dibuat dengan cara mengukus adonan yang terbuat dari fermentasi kacang hitam dan nasi. Idly juga disajikan dengan "sambar" yang merupakan sayuran rebus dengan rasa pedas. Makanan ini bisa ditemui di hampir semua restoran di India selatan. Tak hanya bergizi tinggi, Idli dan Sambar juga memiliki rasa yang enak. Bahkan World Health Organization menyatakan masakan ini sebagai salah satu makanan yang paling bergizi dan cocok untuk disajikan sebagai bekal. Kandungan gizi yang tinggi dari makanan ini berasal dari bahan-bahan kaya protein yang difermentasi dan dikukus.   Selain itu, masakan ini juga memiliki kandungan lemak yang sangat rendah.

5. Ayam Tandoori 
http://www.potretkasih.com/wp-content/uploads/2010/10/DSC02576eee1.jpg
Juga dikenal sebagai Tandoori Murgh, ayam Tandoori adalah satu lagi makanan India terkenal yang telah diakui kelezatannya di seluruh dunia. Hidangan ini pada dasarnya adalah kombinasi antara bumbu masala dengan ayam, yogurt, dan hanya beberapa rempah-rempah. Ayam Tandoori adalah salah satu hidangan India yang paling mudah untuk dimasak, sehingga makanan ini menjadi sangat populer di kalangan ibu rumah tangga.  Biasanya, Ayam Tandoori disajikan dalam potongan besar.  Beberapa daerah di India Utara menyantap ayam ini bersama dengan roti, sedangkan di daerah selatan ayam ini disajikan dengan nasi.

6. Chole
http://4.bp.blogspot.com/-RNazb40V7pU/UU7e-sA2DbI/AAAAAAAAAIY/jNGpIZgCQLg/s1600/Punjabi_Chole_for_Aloo_chaat.JPG
Chole, atau kari kacang adalah hidangan India sederhana yang bisa dengan mudah anda buat di rumah.  Masakan ini disajikan sebagai lauk utama ,atau bisa dihidangkan sebagai hidangan pembuka. Bahan utama dari Chole antara lain adalah buncis, bawang, dan tomat. Anda akan perlu menggunakan berbagai rempah-rempah, termasuk yang paling umum digunakan adalah bawang putih, pasta jahe, jahe tumbuk, jintan, dan ketumbar. Sajikan hidangan ini selagi masih panas agar rempah-rempah di dalamnya terasa lebih kuat dan menyengat.  Jika anda suka, bisa juga ditambahkan dengan irisan ayam atau kambing untuk membuatnya terkesan lebih mewah.  

7. Rogan Josh
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ee/Rogan_Josh.JPG
Rogan Josh adalah hidangan yang terbuat dari daging domba atau ayam, disajikan dengan paprika dan cabai Kashmir yang luar biasa pedas. Dimasak dengan yoghurt, daun salam, merica, ketumbar, dan segudang rempah-rempah lainnya, hidangan ini memiliki warna-warni yang indah dan rasa yang sangat gurih. Ada beberapa versi yang berbeda dari hidangan ini, tetapi pada dasarnya semua tetap dimasak dengan lada Kashmir. Sensasi pedas dari hidangan ini akan sulit dilupakan, dan bisa menjadi sebuah hidangan yang sangat nikmat bagi penggemar makanan dengan rasa pedas yang kuat. 

8. Kaali Daal
http://www.compulsivefoodie.com/wp-content/uploads/2012/11/IMG_2858-600x450.jpg
Kaali Daal, kadang-kadang disebut sebagai Ma Ki Daal, adalah satu lagi hidangan populer dari India Utara. Dikenal sebagai makanan khas orang miskin, hidangan ini terdiri dari lentil hitam (semacam kacang berukuran kecil, berwarna hitam) yang dimasukkan ke dalam kuah kari. Lentil hitam, atau urad daal, dimasak bersama dengan bawang, cabai, dan rempah-rempah lain dan ditambahkan ke saus lezat dengan basis krim. Memasak lentil membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai tingkat keempukan tertentu.  Di India utara, hidangan ini biasanya dihidangkan bersama dengan roti, sedangkan di India Selatan, Kaali Daal disantap dengan sepiring nasi hangat.

9. Naan
http://www.manjulaskitchen.com/blog/wp-content/uploads/naan_bread.jpg
Naan adalah roti tradisional India yang dibuat dengan ragi, biasanya disajikan dalam setiap makan malam sebagai pengganti nasi. Naan dimasak di dalam oven tanah liat atau Tandoor, namun juga dapat dengan mudah dibuat dalam oven modern. Roti ini biasanya disajikan bersama dengan dengan ayam Tandoori, Palak Paneer, ataupun dimakan tanpa tambahan apapun.  Ada berbagai variasi dari roti Naan, salah satunya adalah yang disebut dengan "butter Naan".  Dalam butter Naan, roti ini dimasak dengan mentega dalam jumlah banyak, sehingga memberikan cita rasa yang lebih gurih dan crispy. 

10. Chaat 
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/20/Indian_cuisine-Chaat-Bhelpuri-03.jpg
Chaat adalah camilan paling populer di daerah India utara. Anda bisa menemukan banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ini di pinggir jalan. Selain itu, makanan ini juga sering disajikan sebagai menu pendamping di berbagai restauran India elit. Tikki Ki Chaat adalah nama lain hidangan ini di daerah India Utara. Di India Barat, hidangan yang sama disebut nama Ragda Pattice.
Chaat terbuat dari kentang yang ditumbuk halus, dan disajikan ke dalam kuah yang berisi berbagai rempah-rempah, mulai dari bawang putih, kunyit, merica, lada, gula, dan garam.  Makanan ini memiliki berbagai sensasi rasa yang unik dan bisa membuat ketagihan.  


Sumber : Top10indo